Beberapa Pilihan Kuliner Favorit Di Pontianak

beberapa-pilihan-kuliner-favorit-di-pontianak

Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat di Indonesia. Kota ini juga dikenal dengan nama Khun tien oleh etnis Tionghoa di Pontianak.

Kota ini terkenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi. Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat monumen atau Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang tepat dilalui garis lintang nol derajat bumi. Selain itu Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas yang adalah sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Kapuas membelah kota Pontianak , simbolnya diabadikan sebagai lambang Kota Pontianak.
Asal nama Pontianak dipercayai bermakna Kuntilanak atau hantu perempuan. Konon, ketika Syarif Abdurrahman Alkadrie tiba di daratan Pontianak , ia bertemu dengan hantu kuntilanak dan berhasil mengusirnya.

1. Bubur Pedas-nya.
Yuhuu..This is Bubur Pedas. Salah satu kuliner yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga dan sangat populer sekali di menu kuliner khas kota Pontianak. Kuliner yang satu ini bisa di bilang spesial karena terdiri dari kolaborasi beberapa menu bahan-bahan yang cukup unik, antara lain pucuk daun pakis, daun lengkuas, beras yang sudah di tumbuk dan dauh-daun rempah lainnya sebagai pelengkap untuk menambah cita rasa dan bau yang khas untuk makanan yang satu ini. Di jamin bagi para pelancong yang datang mencicipi makanan satu ini pasti akan terhipnotis dan merindukan cita rasa yang khas dari kuliner favorit satu ini. Rasa bubur ini pun sangat kaya vitamin dan protein maupun karbohidrat. Well.. bisa di bilang termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna gitu deh. Karena di bubur ini kamu bisa menemukan sayur kangkung, daun kesum, serta kacang goreng dan teri sebagai taburan di atasnya. Hmm…pokoknya dijamin yummy!

Bubur pedas
Bubur pedas

2. Rasakan gurih dan renyahnya olahan Burung Punai, kuliner asli ibukota Kalimantan Barat.
Nahh traveller..selain bubur pedas, ad menu kuliner lainnya yang gak kalah populer adalah olahan Burung Punai. Burung Punai adalah jenis burung yang mirip dengan burung merpati, berwarna hijau dan berparuh kemerahan. Burung-burung itu biasanya ditangkap dengan cara dijaring dan banyak ditemukan di sekitaran Pontianak dan Mempawah.
Burung Punai biasanya diolah dengan cara digoreng atau dibakar dengan baluran bumbu khas dari Kota Khatulistiwa ini. Tekstur daging Burung Punai yang sangat gurih dan lembut terasa lezat disantap sehingga saat berkunjung ke Pontianak, kamu gak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Rasakan gurih dan renyahnya olahan Burung Punai, kuliner asli ibukota Kalimantan Barat
Rasakan gurih dan renyahnya olahan Burung Punai, kuliner asli ibukota Kalimantan Barat

3. Sotong Pangkong.
Mendengar namanya saja mungkin agak asing di telinga dan sedikit unik. Sotong Pangkong adalah salah satu makanan khas Pontianak yang hanya muncul pada saat bulan Ramadhan saja. Sotong Pangkong ini sendiri terbuat dari cumi yang telah dikeringkan lalu dan dimasak dengan cara di panggang. Setelah dipanggang, sotong akan dipukul-pukul agar dagingnya lebih empuk. Sotong Pangkong ini disajikan dengan kuah sambal kacang atau asam pedas manis. Saat dilumuri kuah sambal, rasa gurih dari cumi ini akan terasa lebih nikmat dimulut. Wah sudah kebayang di lidah bukan gimana rasanya?

Sotong Pangkong
Sotong Pangkong

4. Lek Tau Suan
Cicipi juga kuliner manis dari olahan kacang hijau yang punya bernama Lek Tau Suan. Makanan yang terbuat dari kacang hijau kupas. Sesuai namanya, Lek Tau San sendiri berasal dari bahasa Tionghoa yang berarti Butiran Mutiara Kacang Hijau. Nama ini sesuai dengan tampilan menu Lek Tau Suan yang biji-biji kacang hijaunya tampak berkilauan seperti mutiara ketika terkena sinar terang.
Lek Tau Suan dimasak dengan campuran kuah kental bening terbuat dari campuran tepung tapioka, gula pasir dan daun pandan. Cemilan yang satu ini disajikan bersama gorengan Ca Kwee yang garing sehingga saat disantap terasa manis, lembut, sekaligus renyah. Wahh mimin jadi mau balik kampung ini hehe.

Lek Tau Swan
Lek Tau Swan

5. Mie Tiaw
Belum lengkap rasanya jika jalan – jalan ke Kota Pontianak tanpa mampir ke Jalan Pattimura untuk menyantap menu kuliner khas Pontianak selanjutnya yaitu sepiring Mie Tiaw Apollo. Di tempat ini tersedia mie tiaw goreng atau siram yang pastinya lezat disantap panas-panas. Mie tiaw gurih dengan tambahan daging sapi, jeroan, telur, daun sawi dan toge dijamin bikin kamu beruntung sudah berkunjung ke kota Pontianak.

Mie Tiaw
Mie Tiaw

6. Es Krim Petrus
Nikmati sensasi lembut dan segarnya yang memang sudah tersohor di kalangan para pelancong. Namanya Es Krim Petrus ini dipakai lantaran lokasinya yang berada tepat di depan sekolah Santo Petrus di Jalan Karel Satsuit Tubun, Pontianak. Es krim ini memang sudah terkenal di kalangan masyarakat Pontianak dan para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Es krim yang dibuat secara homemade ini mempunyai banyak pilihan rasa seperti coklat, vanila, strawberry, durian, cempedak, hingga nangka. Dalam seporsi es krim, terdapat pula bahan campuran lain seperti kacang merah, cincau hitam, agar-agar dan lelehan cokelat untuk menambah kelezatan bagi setiap penikmatnya. Penyajiannya pun terbilang unik karena pembeli bisa request sendiri menggunakan gelas biasa, cup, roti, atau bahkan batok kelapa muda. Gimana, cukup unik ‘kan?

Es Krim Kelapa
Es Krim Kelapa

7. Chai Kue.
Saat traveling ke Pontianak, sempatkan pula menjajal kue tradisional dengan isian sayur, Chai Kue adalah makanan khas Pontianak dan tergolong kue tradisional. Chai berarti sayur sehingga kue ini memang diisi dengan sayur-sayuran. Chai Kue yang berbentuk seperti kue pastel ini bisa digoreng maupun dikukus. Kue ini terbuat dari tepung beras dicampur sedikit tepung tapioka, kemudian dibentuk sebagai kulit untuk membungkus isinya. Sementara, untuk isiannya bisa bermacam-macam seperti kucai, bengkuang, keladi, kacang kedelai, bahkan rebung dengan di tambahan beberapa bumbu dapur dan juga terkadang menggunakan udang ebi halus guna menambah aroma dari chai kue ini. Kalau lagi mampir ke kota satu ini jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini ya.

Chai Kue
Chai Kue

8. Pengkang.
Makanan satu ini juga terbilang unik lohh. Makannya saja harus dicocol sambal kerang juga sayang banget kalau kamu lewatkan.Jika kamu liburan ke Pontianak, jangan ragu untuk menjajal salah satu kuliner khas Pontianak ini. Pengkang terbuat dari beras ketan yang didalamnya diisi dengan ebi. Pengkang kemudian dibungkus dengan daun pisang hingga membentuk kerucut dan diikat dengan bambu kemudian dibakar. Pengkang biasanya disajikan dengan sambal kepah atau sambal kerang yang banyak terdapat di daerah pesisir. Ulalaa makin penasaran bukan gimana kelezatannya.

Pengkang
Pengkang

9. Pisang Goreng
Pisang goreng memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Cemilan satu ini merupakan jajanan yang bisa kamu temui di banyak tempat di Indonesia. Berbeda dari pisang goreng di kota lainnya, pisang goreng di Kota Pontianak ini memiliki rasa khas yang manis dan renyah. Namun, pisang goreng khas Pontianak ini berbeda dari selainnya. Pisang goreng khas Pontianak terkenal renyah karena terdapat kremesan yang membungkusnya. Selain itu, pisang goreng Pontianak juga biasanya disajikan dengan berbagai macam selai rasa seperti coklat, susu, pandan, durian, kacang, nangka, keju, atau sarikaya. Sajian ini lah yang membuat pisang di kota ini lain daripada yang lain.

Pisang Goreng
Pisang Goreng

10. Es Lidah Buaya
Akhiri jelajah kulinermu dengan meneguk segarnya es lidah buaya khas Pontinak satu ini. Tanaman yang satu ini memang terkenal selain di jadikan sebagai panganan, bisa juga di jadikan sebagai obat dari berbagai aspek yang sudah pernah di teliti. Karna ke populernannya kini menjadikan lidah buaya sebagai salah satu komoditas andalan Kota Khatulistiwa ini. Tak heran jika di kota ini kamu bisa menemukan aneka olahan makanan berbahan dasar lidah buaya. Mulai dari dodol, kerupuk, permen, hingga sirup pun tersedia. Yang perlu kamu kamu ketahui tanaman lidah buaya ini juga bagus buat kesehatanmu lohh.
Namun salah satu yang wajib kamu cicipi adalah es lidah buayanya. Es lidah buaya khas Pontianak ini paling nikmat disantap saat cuaca panas, apalagi setelah kamu lelah berjalan-jalan untuk berburu kuliner.

Lidah Buaya
Lidah Buaya

11. Coklat Wijen, Kue Bingka, atau Lempok bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Pontianak untuk mereka.
Tak lengkap rasanya jika habis berpergian ke satu kota tanpa membawa oleh-oleh untuk teman mapun sanak keluarga di rumah. Nah saat berlibur di Pontianak, jangan lupa membeli makanan-makanan khas kota Pontianak sebagai buah tangan. Ada beberapa jenis penganan yang bisa kamu pilih, antara lain coklat wijen khas Pontianak, kue Bingka, atau lempok durian.

Kue Bingke Pontianak
Kue Bingke Pontianak

Wahh seru ya jadi nambah pengetahuan tentang kuliner khas yang wajib di cicipi ketika berkunjung ke Kota Pontianak. Selain letak Kota ini yang strategis secara geografis, beberapa kuliner tadi yang sudah kita bahas cukup menambah keistimewaan kota ini. Masyarakat di Kota ini pun masih menjunjung tinggi silahturahmi, jangan heran makanya jika berkunjung ke kota ini pada saat moment Hari Raya Idul Fitri kalian menemukan hampir di seluruh penjuru kota masyarakat saling kunjung mengunjungi ke rumah – rumah untuk menjaga silahturahmi antar sesama. Itulah mengapa kamu pantas menuliskan kota Pontianak sebagai kota tujuan wisatamu selanjutnya !

Leave a Reply

Your email address will not be published.