Night Market Apa Saja Yang Ada Di TAIWAN :

night market

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kalimat “Night Market?”

Makanan, belanjaan murah meriah dan suasana yang khas di pasar malam. Night market yang sering kamu temui berbeda tentunya dengan yang ada di luar negri lohh.

Kita ambil contoh dari negara satu ini. Taiwan adalah sebuah negara yang pecahan dari Republik Rakyat tiongkok (China), Taiwan memisahkan diri dari China diakibatkan perbedaan ideologi.  Luas pulau Taiwan hanya sekitar 36.193 km2, dengan jumlah penduduk sebanyak 23.468.748 jiwa. Negara ini juga dikenal dengan sebutan formosa yang berarti pulau yang indah. Selama satu dasawarsa ini, bersama Korea Selatan, Hongkong, dan Singapura negara ini memprioritaskan pembangunanya dari bidang agraria ke industri. Saat ini Taiwan tergolong sebagai salah satu negara yang termasuk maju di dataran Asia. Taiwan jua dijuluki sebagai macan industri dunia baru dengan kemajuan perekonomian yang begitu pesat. Di samping itu warga Taipei sendiri di Taiwan terkenal dengan kegemaran mereka akan makanan dan belanja. Oleh sebab itu, adanya sejumlah Night Market yang jadi bisa kami temui di beberapa tempat.

Jalan-jalan ke Taiwan tidak lengkap rasanya jikakalau belum mengunjungi night marketnya. Hmm jangan khawatir mencari night market tidaklah sulit traveller karena setiap kota di Taiwan memiliki night market. Night market seolah sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat Taiwan. Sejarah night market tidak bisa dipisahkan dengan kuil/temple. Pada zaman dulu, orang-orang datang dan berkumpul di temple untuk bersembahyang. Perlahan-lahan orang berjualan di sekitar temple hingga berkembang seperti night market seperti saat ini. Oleh karena itu tidak heran bila ada temple di semua night market di Taiwan.

Night market pada umumnya mulai dari jam 6 sore sampai lewat tengah malam. Di kota besar seperti Taipei, Taichung, dan Kaohsiung, terdapat banyak night market di satu kota dan bisasanya buka setiap hari. Namun apabila berkunjung ke kota yang lebih kecil seperti Tainan atau Hualian, night market mempunyai jadwal hari buka dan hari libur, jadi pastikan pergi di hari yang benar kalau tidak mau kecewa mendapati night market yang ingin dikunjungi libur.

Kota Taipei Taiwan sebagai kota besar mempunyai banyak daya tarik, mulai dari fashion sampai wisata kuliner. Warga Taipei pun terkenal dengan kesukaan mereka akan makanan dan belanja. Hal ini ditunjang dengan banyaknya shopping center dan pusat jajanan di pasar malam (night Market).

Night Market memang menjamur di Taipei. Terdapat puluhan Night Market yang tersebar di seluruh kota Taipei, mulai dari yang besar sampai yang kecil. Night Market ini tidak pernah sepi, apalagi saat weekend, penuh banget! Sampai kita susah untuk berjalan.

Shilin Night Market (SNM) dijuluki Night Market terbesar. Terletak di sekitar jalan Dadong Road, Danan Road, Wenlin Road, and Jihe Road. Untuk menuju ke Shilin sangat mudah, Anda tinggal naik MRT Jalur 2 (merah) turun di Jiantan Station.

Shilin Market sangat luas, mulai buka pukul 04.00 sore dan tutup sebelum pukul 00.00 malam. Kalau weekend bisa buka sampai pukul 01.00 atau 02.00 dini hari.

Di SNM ini Anda bisa menemukan hampir semua barang dan dan makanan. Mulai dari barang branded sampai yang KW (imitasi – red). Makanan mulai dari kaki lima yang menggunakan gerobak sampai cafe atau resto tersebar di seluruh SNM.

Bagi Anda yang ingin berbelanja fashion atau souvenir untuk oleh-oleh, di sini tempat yang tepat karena banyak pilihan. Hampir semua barang sudah tertera harganya. Tapi biasanya Anda masih bisa menawar. Namun jangan pakai gaya menawar separuh harga ya.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba berbagai jenis makanan di Food Court yang terletak di basement Pasar Shilin. Di sini Anda bisa makan seafood yang diolah dengan berbagai macam masakan dengan cita rasa yang lezat, seperti kepiting goreng, cumi-cumi goreng, tahu, dll.

Ada juga beberapa night market lainnya, di antara lain :

1. Ningxia Night Market 

Night market berikutnya terletak di Ningxia Rd yang berada di antara Nanjing W. Rd dan Mingshen W. Rd. Akses menuju ke night market ini pun sangat mudah. Kalau menggunakan sarana transportasi MRT, bisa berhenti di Shuanglian MRT ataupun Zhongshan MRT.

Seperti halnya di Raohe Night Market, Ningxia Night Market ini pun menawarkan berbagai jenis kuliner khas Taiwan. Utamanya tentu adalah seafood seperti cumi-cumi panggang dan bahkan juga menjual hasil laut yang masih fresh. Selain menyediakan makanan, Ningxia Night Market ini juga menyediakan arena permainan. Info mengenai paket tour Taiwan

2. Taipei Shi Lin Night Market 

Kalau berbicara mengenai night market yang ada di Taipei, maka nama pertama yang muncul adalah Shilin Night Market. Pasar malam yang satu ini memang dikenal sebagai night market terpopuler yang ada di ibukota Taiwan ini. Sempat berulang kali pindah tempat, Shilin Night Market kini berlokasi sekitar 100 meter dari Stasiun Jiantan.

shilin_night_market_1.thumb.JPG.e85e4b2a

Shilin Night Market

Shi Lin Night Market ini juga menjadi lokasi yang menarik untuk berburu kuliner di malam hari. Terdapat street vendor serta restoran di night market ini. Selain itu, terdapat pula para penjual yang menjanjakan berbagai barang lain seperti pakaian, pernak-pernik dan lain-lain.

3. Ximending Night Market

Kalau di Jepang ada Shibuya, maka Taiwan punya Ximending. Dan tempat ini pun menjadi pusat dari budaya Jepang di negara Taiwan. Jadi tak heran kalau Ximending ini juga kerap disebut sebagai Harajuku of Taipei. Di sini pun terdapat toko-toko yang menjual majalah Jepang, berbagai jenis buku, album CD serta pakaian bergaya Jepang.

Ximending ini pun bakal diramaikan oleh para traveler, baik lokal ataupun internasional baik saat pagi ataupun malam hari. Keramaian di sini pun didukung oleh kondisi pedestrian yang nyaman dan dikenal sebagai pedestrian pertama sekaligus pedestrian terbesar yang ada di seantero Taiwan. Dan di sini juga berdiri banyak club serta pub sebagai pusat hiburan malam hari.

ximending_malam_hari.thumb.jpg.177b66475

Ximending saat malam hari (kredit: Wikipedia)

Tak hanya dikenal sebagai area perbelanjaan, Ximending ini juga menyimpan beberapa peninggalan sejarah peninggalan masa pendudukan Jepang. Bangunan-bangunan bersejarah tersebut antara lain adalah Ximending Mazu Temple serta Red House Theather yang pada awal mula pembuatannya dipakai sebagai sebuah pusat perbelanjaan.

4. Luodong night market

Satu jenis tempat yang keberadaannya menawarkan daya tarik tersendiri pada saat malam hari adalah night market atau pasar malam. Pada saat berada di kota Taipei, Taiwan, terdapat beberapa night market yang bisa dijadikan tempat rujukan. Night market di Taipei itu pun biasanya buka dari saat petang hingga menjelang tengah malam.

Dan menariknya lagi, night market yang ada di kota Taipei ini ternyata jumlahnya cukup banyak. Dan masing-masing night market pun mempunyai keunggulannya masing-masing. Penasaran bukan dengan keberadaan night market tersebut?

5. Taipei Raohe Night Market

Kalau ingin menikmati kuliner sekaligus makan malam di Taipei, maka Taipei Raohe Night Market ini bisa dijadikan tempat rujukan. Night market yang satu ini memang secara khusus menjadi tempat untuk berburu kuliner malam hari di kota Taipei, Taiwan. Namun tentu saja, makanan yang dijual oleh para penjual di sini patut dipertanyakan mengenai kehalalannya.

raohe_night_market.thumb.JPG.bb165a48e8e

Raohe Night Market ini terletak di jalan raya sepanjang 600 meter yang terbagi menjadi dua jalur pejalan kaki. Dan di setiap jalurnya, terdapat deretan para penjual yang menjanjakan barang dagangannya. Dan di bagian tengah night market ini jumlah penjual pun bakal lebih banyak serta terdapat area khusus untuk tempat duduk, menikmati makanan atau sekedar ingin meluruskan kaki.

Makanan yang banyak dijumpai di Raohe Night Market ini kebanyakan adalah seafood serta nasi mie ala Taiwan. Selain itu, di sini juga dapat menemukan makanan seperti stinky tofu, barbeque dan lain-lain. Cukup menarik bagi yang sedang kelaparan dan ingin mencari pengalaman tersendiri saat berada di Taipei.

Raohe Night Market ini pun dikenal sebagai night market tertua yang ada di kota Taipei. Tempat ini pun sangat mudah dikenali dengan adanya Kuil Song Shan Fu De yang terletak di salah satu ujung night market ini. Dan untuk menuju ke sini pun cukup mudah, bisa menggunakan MRT dan turun di Song Shan Station. Selanjutnya, bisa berjalan menuju pintu keluar #5 dan berjalan menuju ke arah kuil.

6. Tonghua Linjiang night market通化臨江夜市

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tonghua night market

Transportasi: MRT Xinyi-Anhe Station, Taipei

Kalau night market ini sebenarnya agak subjektif karena lokasinya yang sangat dekat dengan rumah saya jadi paling sering mengunjungi night market ini. Tapi, sebenarnya banyak makanan yang enak di sini diantaranya 鐵板燒, 豆花冰, 臭豆腐, dll. Kalau kamu mengunjungi Taipei 101 atau Xinyi shopping distruct, jangan lupa mampir ke night market ini yang bisa ditempuh dengan u-bike, MRT, bus, ataupun taxi sekitar 5-10 menit dari Taipei 101.

7. Shida night market 師大夜市

shida night market

Shida night market

Transportasi: MRT Taipower Building Station atau MRT Guting Station, Taipei

Night market yang berlokasi di samping National Taiwan Normal University ini terkenal dengan luwei/滷味nya. Selain itu, yang membedakan night market ini adalah banyak toko-toko kecil yang menjual baju dengan desain terkini (baca:korea style).

8. Chungli night market 中壢夜市

chungli night market

Chungli night market

Transportasi: Chungli Train Station + Taxi

Night market yang baru saya kunjungi setelah 6 tahun tinggal di Taiwan. Pemandangan night market ini keren banget dilihat dari jembatan penyebrangan di jalan masuk night marketnya.

9 Fengjia night Market 逢甲夜市

fengjia night market

Fengjia night market

Transportasi: Taichung train Station + Taxi

Night market terbesar di central Taiwan. Night market yang selalu ramai setiap malam ini berlokasi tepat di depan Fengjia University. Namun night market ini lokasinya jauh dari Taichung train station. Saya lebih merekomendasikan naik taxi daripada bus karena bus di Taichung itu muter-muter ditambah macet di jam pulang kantor mengakibatkan perjalanan dari train station ke Fengjia night market kurang lebih 1 jam.

10 Liuhe night market 六合夜市

liuhe night market

Liuhe night market

Transportasi: Formosa Boulevard MRT Station, Kaohsiung

Liuhe night market mungkin night market terbesar di Selatan Taiwan. Sangat di rekomendasikan mengunjungi night market ini karena akses transportasi yang mudah, variasi makanan yang dijual sangat lengkap, dan harga yang lebih murah dibandingkan night market di Taipei.Di Liuhe Night Market pedagang yang paling banyak berjualan adalah pedagang makanan kaki lima. Ada juga pedagang suvenir berupa kaos, serta pernak-pernik lainnya. namun Jumlahnya tentu saja kalah dengan pedagang makanan di sana. Kalau dilihat dari komposisinya, sekitar 95% didominasi oleh pedagang makanan, sementara 5% berjualan pernak-pernik.

Liuhe Night Market berbentuk memanjang, pedagangnya mengisi sisi kanan dan kiri Liuhe 2nd Road, di Distrik Xinxing, Kohsiung, Taiwan. Sementara di bagian tengah jalan, diisi meja dan kursi dimana traveler bisa menikmati aneka jajanan hingga makanan berat yang dijual di sana.

Soal keramaian, kondisinya 11-12 dengan pasar malam di Indonesia. Padat merayap! Meski padat masih tetap ada ruang untuk berjalan, soal sampah pun setiap 50 meter ada keranjang sampah sehingga pasar malam ini tetap terjaga bersih.

Aneka seafood di Liuhe Night Market (Wahyu/detikTravel)Aneka seafood di Liuhe Night Market

Ada banyak pilihan kuliner kaki lima yang bisa dicoba di Liuhe Night Market. Aneka seafood segar dari mulai udang, gurita, kerang, tiram, cumi-cumi, kepiting, hingga lobster pun ada. Cara memasaknya ada yang dibakar, hingga digoreng tepung.

Sementara untuk olahan kuliner dari daging, ada daging sapi, kambing, ayam, hingga babi. Soal rasanya, sudah tidak perlu ditanyakan lagi, pastinya menggoyang lidah.
Untuk traveler muslim, pilihan paling aman memang menyantap hidangan seafood karena sudah pasti halal. Sementara untuk traveler yang bisa memakan hidangan non halal, berkunjung ke Liuhe Night Market rasanya seperti masuk ke dalam surga makanan, karena pilihannya sangat banyak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.